BIMBINGAN DAN PENYULUHAN PARA KADER PKK DESA CILUKRAK

Dalam rangka bimbingan dan penyuluhan para kader PKK di desa, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Cirebon pada Hari Kamis, 18 Oktober 2018 telah menyelenggarakan pertemuan rutin PKK.
Hadir pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Ibu Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si, Kepala Puskesmas Palimanan Ibu Meli Dwi Bastian, Ketua TP PKK Palimanan Ibu Tita Budiarti, S.Pd, Ibu Kuwu Desa Cilukrak Ibu Lista Herianti, Ketua TP PKK Desa Cilukrak Ibu Kadimi, Penyuluh kesehatan Kepala UPT Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P5A) Ibu Tati Rohayati,
Acara diawali dengan menyanyikan bersama lagu Kebangsaan Indonesia raya dan dilanjutkan dengan Mars PKK. Dalam paparannya Hj. Wahyu Tjiptaningsih menyampaikan bahwa dengan menjadi peserta KB maka kita dapat mensukseskan program KB karena saat ini jumlah penduduk yang semakin banyak hingga lahan pemukiman dan lahan pekerjaan semakin berkurang. Dan tugas dari P5A adalah bagaimana meminimalisir dan menghilangkan kekerasan pada anak dan perempuan serta penanggulangannya. Program yang sedang diunggulkan di P5A selaras dengan program Bupati Cirebon dan juga merupakan program nasional yaitu yang pertama kampung KB dan di canangkan oleh Presiden RI di Desa Mertasinga Kecamatan Gunung Jati, kampung KB itu harus ada di masing-masing. ”Idealnya satuannya setingkat RW, jadi paling tidak satu desa ada satu percontohan yang dijadikan kampung KB, sehingga masyarakatnya bisa lebih mengerti kebersihan, kesehatan, terhindar dari gizi buruk dan balita yang stunting(kerdil), kemudian ada program anak ceria, agar tidak ada lagi kekerasan terhadap anak, ada juga program Isbat nikah yaitu pernikahan secara resmi dan diakui negara. Ujarnya”.
Sambutan dari Kuwu Desa Cilukrak, Ibu Lisa Herianti yang mengatakan bahwa segala program PKK Kabupaten Cirebon semuanya sudah diterapkan di Desa Cilukrak sehingga saat ini kegiatan PKK Desa Cilukrak sudah sangat berkembang lebih baik dan lebih maju.
Acara ditutup dengan penyuluhan dari Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon bahwa PKK adalah program yang sangat menunjang segala kebutuhan dan mencerdaskan para wanita, karena didalamnya diberikan berbagai penyuluhan baik dari kesehatan, pendidikan, permasalahan anak, tentang koperasi, serta diberikan arahan untuk dapat meningkatkan ekonomi keluarga serta banyak lagi program lainnya. Diharapkan segala hal yang didapatka dalam setiap pertemuan PKK akan menghasilakan hal yang dapat lebih memajukan lagi kaum wanita. {Intan.VY-Diskominfo}