Bunda Paud Kabupaten Cirebon Kukuhkan Bunda Paud Kecamatan

Bunda Paud Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Ciptaningsih, SE mengukuhkan Bunda Paud Kecamatan se-Kabupaten Cirebon, Selasa (16/06/2015) berlangsung di Ruang Nyimas Gandasari, Setda Kabupaten Cirebon.

Sebelum mengukuhkan Bunda Paud Kecamatan, Bunda Paud Kabupaten Cirebon dikukuhkan terlebih dahulu oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si. Pengukuhan ini berjalan secara berjenjang dan setiap Bunda Paud Kecamatan mengukuhkan masing-masing Bunda Paud Desa maupun Bunda Paud keLurahan.

Acara berjalan dengan lancar dan meriah. Berbagai kreatifitas ditampilkan oleh ana-anak Pendidikan Usia Dini yakni berupa tari topeng, kesenian sintren dan tari-tarian lainnya.

Bunda Paud Kabupaten Cirebon begitu senang melihat anak-anak usia dini dalam menampilkan Tarian tradisional daerah Kabupaten Cirebon dengan begitu ceria, pintar dan percaya diri dalam melakukan gerakan tarinya dan mudah-mudahan anak-anak Kabupaten Cirebon ini menjadi harapan kita semua yaitu menjadi anak yang berprestasi bagi bangsa dan Negara kita kedepan.

Bunda Paud Kabupaten Cirebon menyampaikan peran Bunda Paud di Kabupaten Cirebon agar lebih ditingkatkan lagi karena bunda paud adalah profesi sukarela yang dilandasi rasa cinta, kasih sayang sehingga harus menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen masyarakat melakukan proktaf komunikasi dan tidak segan-segan untuk berdiskusi dengan semua kelompok baik di kecamatan, desa maupun di kelurahan masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan pendidikan.

Kita harus selalu berpegangan tangan dengan semua elemen masyarakat agar hasil yang kita tuju jadi optimal dan jangan lupa untuk melibatkan kaum ibu secara aktif karena kaum ibu adalah orang yang pertama yang memberikan pendidikan pertama pada anak-anak kita di usia dini dan menjaga kesehatannya saat kehamilan sampai melahirkan anak-anak yang sehat jasmani, rohani menjadi harapan kita semua.

Ada hal yang sangat penting untuk tidak diabaikan yaitu sistem pengembangan karakter. Karena melalui pembangunan karakter ini seorang anak diberi pelajaran tentang budi pekerti, tentang moral, dan tentang perbuatan baik. Dengan pendidikan karakter itu kita ingin seorang anak tumbuh menjadi anak yang soleh dan soleha.

Dari sejumlah penelitian menunjukkan bahwa usia 0 sampai dengan usia 6 tahun merupakan waktu yang tepat untuk membentuk karakter seorang anak. Oleh karenanya kita sering mendengar usia golden eight baik berdasarkan psikologis yang menyebutkan bahwa selama masa ini pertumbuhan mengalami perkembangan yang sangat cepat.

Layanan Paud di Kabupaten Cirebon dirasakan belum optimal dikarenakan faktor populasi dan pertumbuhan penduduk yang luas dan tidak merata dan untuk itu diperlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, khususnya pemerintah di tingkat kecamatan, desa atau kelurahan dalam mensupport kegiatan pada lembaga-lembaga paud di wilayahnya masing-masing berupa perbaikan, pendirian sarana prasarana dan meningkatkan mutu pendidik/tenaga pendidik.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pindidikan Kabupaten Cirebon Drs. H. Asdullah, MM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon H. Moh. Sofyan, SH.,MH, Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Moh. Sardar Ernedin, S.Sos, MM, jajaran HIMPAUDI Kabupaten Cirebon, Pendidik Paud se-Kabupaten Cirebon dan undangan lainnya.

Usai acara, Bunda Paud Kabupaten Cirebon memberikan bingkisan bagi anak-anak usia dini yang berbakat dan melakukan foto bersama dengan anak-anak usia dini, Bunda Paud Kecamatan dan Bunda Paud Desa.(Bens,Diskominfo)