Desa Wargabinangun Tampil Sebagai Obyek Monitoring dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK

Desa Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon tampil sebagai Obyek Monitoring dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK dan Penilaian 5 Lomba dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs. H. Dudung Mulyana, M.Si, dalam acara monitoring dan evaluasi 10 Program Pokok PKK dan Penilaian 5 Lomba dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015, Rabu (30/09) di Balai Desa Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon.

H. Dudung Mulyana, M.Si menyampaikan ucapan selamat kepada Tim Penggerak PKK Desa Wargabinangun Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon yang meraih juara ke satu kegiatan Pembinaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015, sehingga bisa mewakili Kabupaten Cirebon untuk tampil sebagai Obyek Monitoring dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK dan Penilaian 5 Lomba dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015.

Dalam sambutan Bupati Cirebon yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, H. Dudung mengatakan keberadaan PKK ditengah-tengah masyarakat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap akselerasi pembangunan karena fungsi PKK sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pembangunan yang ada di semua tingkatan baik di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan keluarga.

Peran aktif seluruh komponen masyarakat dalam pembangunan harus lebih ditingkatkan sehingga terwujud kualitas pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Tantangan kita sekarang dihadapkan pada Era Globalisasi, dimana persaingan untuk maju sangat ketat. Oleh karena itu gerakan PKK dituntut untuk menumbuhkembangkan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat agar tidak keliru dalam menerima globalisasi.

Tantangan yang dihadapi antara lain perkembangan Sumber Daya Manusia, pergeseran tata nilai, Pemanfaatan Sumber Daya Alam, ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan adanya ketahanan yang dilakukan oleh setiap keluarga dalam upaya mewujudkan visi gerakan PKK yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Di Kabupaten Cirebon Tim Peggerak PKK Kabupaten beserta Jajarannya bekerja keras tanpa pamrih sehingga semuanya berjalan dengan baik, terkoordinasi, dan terintegrasi.

Kami sampaikan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon dengan para pengurusnya yang telah banyak melakukan upaya kongkrit bagaimana memberdayakan masyarakat dan bagaimana meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sekretaris TP PKK Provinsi Jawa Barat Hj. Iis Sutrisno mengatakan atas nama Tim Penilai Provinsi Jawa Barat mnegucapkan terima kasih kepada Bupati Cirebon beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam mendukung dan mensukseskan 10 Program Pokok PKK di Wilayah Cirebon.

Sebagai bagian dari pelaksanaan tupoksi Sekretaris PKK, khususnya Supermisi Pembinaan Evaluasi dan Monitoring (SPEM), setiap tahun TP PKK Provinsi menyelenggarakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Secara berkelanjutan dan berkesinambungan gerakan PKK dengan 10 Program Pokok PKK terus berupaya mendorong para keluarga agar dapat hidup semakin sehat sejahtera, maju dan mandiri.

Dari waktu ke waktu TP PKK sebagai mitra Pemerintah dan Organisasi Kemasyarakatan menjalankan fungsinya sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

Melalui monitoring dan evaluaasi yang kita laksanakan, kami ingin mengetahui sejauh mana melaksanakan 10 Program Pokok PKK bagaimana perkembangannya dan apa kendalanya.

Lebih lanjut kami bermaksud menghimpun saran dan pemikiran dari TP PKK Kabupaten/Kota yang akan kita siapkan untuk disampaikan ke TP PKK Pusat pada bulan Oktober 2015 akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional di Jakarta.

Sejak 5 tahun terakhir Peringatan Hari Gerak Kesatuan PKK dipadukan dengan penyelenggaraan BBGRM. Sebagai bagian dari rangkaian tersebut TP PKK Pusat mengadakan 5 macam lomba yakni tertib adminstrasi PKK, Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Pemanfaatan Halaman Pekarangan PKK dan Pemanfaatan hasil Toga.

Pelaksanaan Monitoring ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE. Hadir pula Kuwu Wargabinangun, Kepala OPD/Camat, Muspika Kecamatan Kaliwedi, Kader PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta undangan lainnya.

(Edys/Bens, Diskominfo)