Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cirebon Gelar Halal Bihalal

Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cirebon menggelar Halal Bihalal, Kamis (21/07/2016) yang dilaksanakan di Ruang Nyimas Gandasari Setda Sumber. Halal Bihalal Ini dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsig, SE.

Halal bihalal tersebut diikuti kaum perempuan dari jajaran Dharma Wanita Persatuan, Tim Penggerak PKK dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Cirebon.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cirebon Hj. Lilis Yayat Ruhyat menyampaikan dengan acara halal bihalal ini diharapkan dapat mempererat tali saliturahmi semua yang hadir disini dan bisa melebur dosa-dosa kita selama bergaul selama satu tahun, baik yang dirasa atau tidak dirasa dan mudah-mudahan kita bisa saling memaafkan.

Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsig, SE menyampaikan semoga dalam pertemuan ini akan menghadirkan kebaikan, kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya kaum wanita-wanita Kabupaten Cirebon yang hebat-hebat semuanya.

Dalam halal bihalal ini, semua anggota Dharma Wanita, PKK dan GOW di sini kita kumpulkan bersama dan ini membuktikan bahwa organisasi di wanita baik PKK, Dharwa Wanita dan GOW  semuanya kompak untuk membangun Kabupaten Cirebon yang lebih cerah lagi dan lebih baik lagi kedepannya.

Hj. Ayu Dalam sambutan tersebut menyampaikan sekilas sejarah halal bihalal yang digagas oleh KH. Abdul Wahab pada pemerintahan Presiden Soekarno yakni pada saat Hari Raya Idul Fitri saat itu Bung Karno mengundang semua tokoh-tokoh politik untuk datang ke Istana Negara untuk bersilaturahmi yang diberi judul halal bihalal dan akhirnya mereka bisa duduk bersama. Dalam pemerintahan tersebut yang merupakan orang-orang dari Bung Karno menyelenggarakan halal bihalal yang kemudian diikuti oleh semua warga masyarakat dan warga masyarakat itut diikutinya berdasarkan saran KH Abdul Wahab.

Dan oleh karenanya hari ini kita melaksanakan halal bihalal yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita dan beberapa Organisasi Wanita se Kabupaten Cirebon dan ini merupakan suatu bukti untuk mempererat tali silaturahmi serta untuk saling maaf memaafkan. Dan pada saat ini merupakan ajang saling maaf memaafkan karena pada hakikatnya manusia adalah tempatnya salah  karena manusia tidak ada yang tidak berdosa.

Selanjutnya Hj. Ayu menyampaikan dalam kepemimpinan Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si ada 18 program unggulan diantaranya Cirebon jalan terang benderang, jalan licin dan bagus serta Cirebon bisa mengatasi banjir yang semuanya butuh proses dan tahapan dan dalam program tersebut harus ada dukungan dari semua pihak termasuk kaum perempuan.

Oleh karena itu Hj. Ayu  mengajak perempuan-perempuan di Kabupaten Cirebon turut dalam pembangunan Kabupaten Cirebon dan makanya pada saat diajukan Musrenbangdes Hj. Ayu selalu melakukan sosialisasi ke desa-desa terhadap kader-kader PKK untuk ikut memberikan sumbangsih, saran dan masukan.

 Banyak posisi perempuan yang sudah menduduki tempat strategis baik di politik ampun di swasta dan sebenarnya kalau diberi ruang mereka mempunyai ruang. Maka kita sebagai perempuan harus turut dalam pembngunan Kabupaten Cirebon tetapi dengan catatan tidak boleh meningggalkan kodrat sebagai perempuan yang notabennya kita mengurus suami dan mendidik anak.

Dalam halal bihalal tersebut, Hj. Ayu menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh perempuan yang hadir tersebut, baik yang sengaja maupun yang tak disengaja, begitu juga atas nama Bupati Cirebon Hj. Ayu meminta maaf juga bilamana ada program-program yang belum terlaksana mudah-mudahan pada masa akhir jabatannya yang ingin mensejahterakan masyarakat Kabupaten Cirebon bisa terlaksana dengan baik, lancar tanpa hambatan. (Bens,Diskominfo).