Hj. Ayu Berikan Paparan Kepada Bunda Paud Se-Kabupaten Cirebon

Bunda Paud Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE yang akrab disapa dengan Hj. Ayu menyampaikan paparan kepada bunda-bunda paud se-Kabupaten Cirebon pada kegiatan Pengembangan Kurikulum, Bahan Ajar dan Model Pembelajaran Paud, Rabu (23/03/2016) di Hotel Koening, Tuparev Cirebon.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Drs. H. Asdullah, MM, Kabid Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Drs. Hermana. Hadir juga mendampingi Ibu Sekda Kabupaten Cirebon dan Jajaran TP PKK Kabupaten Cirebon.

Hj. Ayu menyampaikan beberapa hal untuk mewujudkan masa depan anak Indonesia khususnya di Kabupaten Cirebon yang lebih gemilang di masa yang akan datang yaitu yang pertama memasukkan Paud sebagai pra-pendidikan dasar yang harus diikuti oleh seluruh anak Indonesia khususnya di Kabupaten Cirebon. Dengan kebijakan ini, maka diharapkan cakupan Paud akan meningkat signifikan di masa yang akan datang.

Yang kedua memperluas peran masyarakat dan swasta dalam penyelenggaraan Paud. Saat ini sudah banyak taman kanak-kanak, kelompok bermain, taman penitipan anak, bina keluarga balita yang diselenggarakan oleh masyarakat. Hj. Ayu menyampaikan ucapan terima kasih atas partispasinya dan berharap kepada Pemerintah baik Pusat, Provinsi, maupun daerah melalui Dinas Pendidikan agar terus memfasilitasi, mendorong, dan melengkapi berbagai kegiatan yang sudah ada agar jangkauan layanan mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat semakin meningkat.

Dan yang ketiga Bunda Paud adalah profesi sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang, sehingga harus menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen dalam masyarakat. Berkomunikasi dengan semua kelompok di Kabupaten Cirebon yang memiliki potensi untuk mengembangkan pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Peran ibu juga sangat penting dalam mendidik anak dan menjaga kesehatan agar sehat jasmani dan rohani.

Ketiga hal di atas kita bisa lakukan bersama, Hj. Ayu optimis target Pemerintah Daerah untuk layanan Paud di Kabupaten Cirebon dalam beberapa tahun kedepan akan terealisasi. (Bens,Diskominfo)