Ketua TP PKK Berikan Materi Kepada Para Pelajar di Hotel Patra Jasa

Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE memberikan materi kepada ratusan pelajar SMP dan SMA se-Kabupaten Cirebon dalam acara Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) melalui Seni Tradisional, Rabu (23/03/2016) di Hotel Patra Jasa, Tuparev Cirebon.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BP3AKB (Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Badan Pemberdayan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Cirebon. Dalam kegiatan tersebut hadir untuk memberikan materi Sekteraris BP3AKB Provinsi Jawa Barat Dra. Nina Sri Inayati, Apt,M.Kes, Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon H. Supadi Priyatna, SH.,M.Si. dan Kepala Dinas Pendidikan Drs. H. Asdullah, MM.

Dalam sosialisasai tersebut ditampilkan tari topeng dan drama tradisional yang dibawakan anak-anak muda dan dilanjutkan dengan bimbingan dari motivator Nasional yaitu Mr. Spirit Saut SP. Sitompul, TTSTBS-SPS dalam membangun motivasi belajar guna meraih prestasi yang unggul.

Hj. Ayu selaku Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon menyambut baik penyelenggaraan Sosialisasi Pendewasaan Usia Perkawinan. Dalam hal ini cukup beralasan karena perlu kita sadari bersama bahwa pendewasaan usia perkawinan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga mencapai usia yang ideal. Minimal pada saat perkawinan yaitu 20 tahun bagi wanita dan 25 tahun bagi pria. Apabila seseorang gagal mendewasakan perkawinannya, maka dianjurkan untuk menunda kelahiran anak pertama.

Dengan menunda usia perkawinan diharapkan para remaja lebih siap dalam memasuki rumah tangga dan mampu membina keluarga yang harmonis.

Hj. Ayu menyampaikan PUP juga bagian dari program KB untuk generasi muda Genre (generasi berencana). Sehingga kalau berkeluarga sudah direncanakan atau terprogram maka hidupnya akan bahagia.

Hj. Ayu berpesan kepada para pelajar bahwa tugas pelajar adalah belajar, menuntut ilmu, belajar dengan giat untuk meraih cita-cita setinggi langit, sehingga akan menjadi generasi-genarasi yang tangguh, mandiri, kreatif untuk membangun dan memimpin Kabupaten Cirebon. (Bens,Diskominfo)