Ketua TP PKK Berikan Santunan Kepada Anak Yatim Piatu Dan Kaum Dhuafa

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE memberikan santunan kepada 32 anak yatim piatu yang tersebar di Kecamatan Plumbon dan Kecamatan Talun, Selasa (15/03/2016) dalam acara Pembinaan dan Penyluhan 10 Program Pokok PKK ke tiap-tiap Kecamatan.

Selain santunan, Hj. Ayu juga memberikan bantuan sembako kepada 50 kaum dhuafa dan bantuan kursi roda, walker serta tongkat untuk tuna netra sebanyak 14 buah di Desa Kubang Kecamatan Talun. Dalam hari yang sama Hj. Ayu Juga memberikan bantuan sembako untuk anak-anak Panti Asuhan Nurul Huda Desa Karangwangi Kecamatan Depok.

Kegiatan ini dihadiri jajaran Bagian Kesra Setda Kabupaten Cirebon dan Dinas Sosial Kabupaten Cirebon. Hadir juga Camat dan para kuwu di Wilayah Kecamatan masing-masing serta anggota TP PKK Kabupaten Cirebon.

Kegiatan Binwil (Bina Wilayah) ini berlangsung sejak Senin kemarin (14/03) yang dilakukan oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Cirebon di Kecamatan Kedawung dan Kecamatan Tengahtani dan sekarang Binwil dilaksanakan di Kecamatan Plumbon dan Kecamatan Talun. Kegiatan Binwil akan terus berjalan sampai selasa depan (22/03).

Hj. Ayu menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan dilakukan secara rutin dilakukan dan berkelanjutan oleh TP PKK Kabupaten dengan maksud dan tujuan selain untuk bersilaturahmi, juga kita bisa bertukar informasi tentang apa saja 10 Program Pokok PKK untuk menambah wawasan bagi TP PKK Kecamatan maupun TP PKK Desa sehingga menjadi lebih maju dan lebih berprestasi lagi.

Hj. Ayu mengatakan, memang yang mendapat undangan dari Provinsi adalah TP PKK Kabupaten. Dengan adanya pembinaan ini program apa saja yang baru bisa tersampaikan ke TP PKK Kecamatan maupun Desa dan bisa di sampaikan atau disosialisasikan lagi kepada masyarakat. Karena PKK merupakan wadah kemasyarakatan yang didominasi oleh kaum ibu-ibu.

Dengan adanya PKK ini, kaum perempuan atau kaum ibu-ibu bisa turut serta dalam pembangunan Kabupaten Cirebon yang artinya tupoksinya kita sebagai isteri dan seorang ibu yang bertugas mengurus atau melayani suami dan melindungi anak, karena anak merupakan titipan dari yang maha kuasa dan titipan harus dijaga dan bertanggung jawab atas titipan tersebut.

Hj. Ayu berpesan kepada kader-kader PKK Kecamatan maupun Desa untuk disampaikan kepada masyarakatnya agar selalu mengawasi anak-anak kita, jangan sampai anak-anak kita menjadi korban pelecehan atau kekerasan terhadap perempuan dan anak berikutnya.

Karena di Kabupaten Cirebon sendiri banyak sekali kejadian pelecehan atau kekerasan terhadap perempuan dan anak seperti yang dialami di daerah Asjap ada 22 anak yang dilecehkan dari usia paling kecil 5 tahun sampai usia 12 tahun. Jadi tanggung jawab kita tidak hanya bertanggung jawab terhadap anak-anak kita sendiiri, tetapi ini adalah tanggung jawab kita semua sebagai warga Kabupaten Cirebon.

(Bens,Diskominfo)