Ketua TP PKK Ikuti Iring-Iringan Kirab Budaya

Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih mengikuti iring-iringan Kirab Budaya bersama Bupati Cirebon dengan menaiki duplikat Kereta Singa Barong, Sabtu (19/03/2016). Turut memeriahkan juga Wakil Bupati Cirebon H. Tasiya Soemadi bersama isteri dalam iringan kirab budaya yang dimulai dari balai Desa Panembahan dan berakhir di Pasar Batik Kecamatan Weru.

Kegiatan Kirab Budaya ini dibuka secara resmi oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si yang bertajuk Cirebon Festival 2016, di Pasar Batik Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon.

Hadir dalam acara tersebut Muspida Kabupaten Cirebon, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs. H. Yayat Ruhyat, M.Si, para Kepala OPD dan para Camat se-Kabupaten Cirebon serta undangan penting lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon Drs. H. Hartono, MM menyampaikan laporan berkenaan dengan kegiatan Kirab Budaya dan Pameran Kepariwisataan Tahun 2016 mempunyai maksud dan tujuan yakni pertama menciptakan agenda wisata budaya sebagai pendukung destinasi pariwisata. Kedua dalam memeriahkan Hari Jadi ke-534 Kabupaten Cirebon Tahun 2016. Ketiga melestarikan seni dan budaya daerah dan yang Keempat meningkatkan jejaring promosi pariwisata Kabupaten Cirebon serta meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Cirebon.

H. Hartono mengatakan Kirab budaya ini diikuti oleh 40 kecamatan se-Kabupaten Cirebon dan 6 peserta tamu kehormatan diantaranya dari Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Majalengka, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Kuningan, Kota Bandung. Sedangkan peserta pameran diikuti oleh 50 stand dari para pengusaha dan masyarakat di Bidang Kepariwisataan.

Kirab budaya dilaksanakan pada tanggal 19 maret 2016 dengan start di Balai Desa Panembahan dan finish di area Pasar  Batik Kecamatan Weru, sedangkan untuk Pameran Kepariwisataan berlangsung dari 19 sampai dengan 21 Maret 2016.

Sedangkan Bupati Cirebon menyampaikan Kirab Budaya dilaksanakan dalam rangka untuk melestarikan dan mengembangkan potensi seni budaya serta tradisi yang pada gilrannya dapat memperkuat wisata budaya Cirebon dan menebalkan kebanggaan masyarakat.

Seni budaya tradisional perlu dilestarikan dan dikembangkan serta dipromosikan secara terus menerus. Dengan memperomosikan seni budaya tradisional akan menempatkan posisi Kabupaten Cirebon sebagai daerah tujuan wisata dengan daya tarik utama seni budaya, sehingga kelestarian tetap terjaga dan dapat mendatangkan wisatawan.

Dengan meningkatnya jumlah kunjungan dan lama tinggal  wisatawan dapat meningkatkan pengeluaran wisatawan dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan secara langsung juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis keunggulan lokal.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 534 Tahun 2016 juga mengundang kabupaten/kota sebagai tamu kehormatan seni budaya daerah dengan ciri khasnya masing-masing. (Bens/Edys,Diskominfo)