Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Dampingi Bupati Launching Kampung KB Desa Kamarang

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE mendampingi Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si dalam acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2015 dan Launching Kampung KB di Desa Kamarang Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, Selasa (27/10).

Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon membagikan santunan kepada sejumlah anak yatim piatu dan menyerahkan hadiah penghargaan terhadap kecamatan terbaik dalam lomba KB. Selesai pembukaan, Bupati Cirebon meresmikan Kampung KB dan melakukan peninjauan ke dalam kampung tersebut.

Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon H. Supadi Priyatna, SH.,M.Si menyampaikan bahwa Kampung KB merupakan program unggulan Bupati Cirebon sebagai terobosan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk dan pembangunan ketahanan keluarga yang dipadukan dengan program OPD.

Kampung KB hanya ada di beberapa daerah di Jawa Barat termasuk Cirebon dan tahun ini Kabupaten Cirebon meresmikan 3 Kampung KB di tingkat kecamatan yaitu Kecamatan Greged, Dukupuntang dan Kecamatan Ciledug.

Kampung KB ini akan dijadikan Model Nasional dan BKKBN Pusat akan mencanangkan Kampung KB secara Nasional pada tahun depan oleh Presiden Indonesia.

Pecanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Cirebon sekaligus launching Kampung KB dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas dalam penyelenggaraan 10 Program Pokok PKK dan Program Pembangunan yang berwawasan kependudukan untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si berharap kepada seluruh pengurus dan kader PKK Kabupaten Cirebon untuk terus meningkatkan pengabdiannya kepada masyarakat. Prestasi-prestasi tersebut hendaknya menjadi semangat untuk terus mengembangkan kreatifitas dan meningkatkan peran dalam rangka mempercepat pencapaian masyakarat Kabupaten Cirebon yang Agamis, Maju, Adil, Sinergi dan Sejahtera (AMANAH).

Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan di Kabupaten Cirebon merupakan wujud nyata kepedulian dalam menangani permasalahan kependudukan, khususnya pada Program Pokok PKK yang ke-7, 9 dan 10 yakni Program Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

Bupati berharap kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kes yang dimulai sejak bulan Oktober sampai Desember 2015 didukung segenap OPD dan potensi daerah.

Permasalahan penduduk dan Program KB harus diposisikan sebagai bagian penting dari strategis pembangunan. Apabila program ini gagal, akan berimplikasi negatif terhadap sektor pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Salah satu terobosan untuk akselerasi pelaksanaan Program Kependudukan dan KB di Kabupaten Cirebon adalah dengan membentuk Kampung KB. Pembentukan Kampung KB merupakan salah satu dari 18 program unggulan Pemerintah Kabupaten Cirebon saat ini sesuai RPJMD Kabupaten Cirebon Tahun 2014-2019 harus terbentuk 40 KB yang tersebar di 40 kecamatan.

Bupati meminta dukungan segenap potensi yang ada di Kabupaten Cirebon dan juga Kepala OPD agar merencanakan program-programnya di lokasi Kampung KB.

Kampung KB merupakan implementasi Operasional Pengendalian Kependudukan, KB dan Pemberdayaan Perempuan serta Program-program lintas sektor terkait yang terintegrasi, dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat melalui pemberdayaan serta memberikan kemudahan/akses pelayanan terhadap masyarakat untuk memperoleh pelayanan Bidang Kesehatan, Kependudukan, KB dan Pemberdayaan perempuan serta program pembangunan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, pengurus TP PKK, Dharma Wanita, para Camat, Kepala UPT PPKB, Puskesmas se-Kabupaten Cirebon, Kuwu, BPD, LPM, RT/RW dan tokoh masyarakat serta pengurus Desa Kamarang Kecamatan Greged.

(Bens/Edy.s,Diskominfo)