Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hadiri Penilaian Bakti TNI KB KES Terpadu Tingkat Kodam III/Siliwangi

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE menghadiri Penilaian Bakti TNI KB Kes Terpadu Tahun 2015 Tingkat Kodam III/Siliwangi, Rabu (21/10) yang berlangsung di Kodim 0620 Sumber.

Bersama Tim Penilai, Ketua TP PKK juga meninjau langsung ke Puskesmas Plumbon untuk mengetahui lebih jelas jalannya pelayanan kesehatan terhadap para peserta KB/Aseptor perwakilan desa dari setiap kecamatan di Kabupaten Cirebon untuk menjalani MOP (Metode Operasi Pria) dan MOW (Metode Operasi Wanita).

Dalam acara tersebut ada penyerahan hadiah bagi Koramil terbaik kegiatan KB Kes Terpadu Tingkat Kodim 0620/Kab. Cirebon Tahun 2015 yakni terbaik ketiga diraih Koramil 2004 Losari, terbaik kedua diraih Koramil 2010 SindangLaut, dan terbaik pertama diraih Koramil 2016 Palimanan.

Penilaian ini dihadiri oleh Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Cirebon, Camat Sumber, Ketua Persit Kodim 0620 beserta jajarannya, para Danramil Wilayah Kodim 0620 Kabupaten Cirebon dan undangan lainnya.

Kasdim 0620/Kab. Cirebon Mayor Inf. Budy Suradi menyampaikan dasar pelaksanaan KB Kes terpadu yakni Kesepakatan Bersama antara BKKBN dengan TNI Nomor 37/HK. 104/2009 dan Nomor KERMA/1/II/2009 Tanggal 12 Februari 2009 Tentang Kerjasama Revitalisasi Program KB Nasional, Surat Kepala BKKBN Nomor 109/HK, 101/G2/2014 Tentang Perpanjangan Kesepakatan Bersama antara BKKBN dengan TNI dan Surat Telegram Danrem 063/SGJ Nomor ST/343/2015 Tanggal 27 April 2015 Tentang Perintah Penting untuk Merencanakan dan Menyiapkan Satuannya untuk dijadikan tempat Pencanangan KB KES Terpadu Kodam III/SLW Tahun 2015.

Kasdim memaparkan kegiatan yang dilakukan pada kegiatan ini yakni peninjauan Posko Bakti TNI KB Kesehatan Terpadu Kodim 0620/Kab. Cirebon, pelayanan KB dan Kesehatan di Puskesmas Plumbon dan Peninjauan Posko Bakti TNI KB Kesehatan Koramil Palimanan.

Kasdim menyampaikan gambaran pencapaian program Bakti TNI KB Kes Terpadu Tahun 2015 di Wilayah jajaran Kodim 0620 pencapaian aseptor baru jumlah atau target yang diharapkan adalah 37. 381 sehingga jumlah sampai saat ini mendapatkan 29.605 atau 79, 2 % dari akseptor baru.

Kesimpulan yang disampaikan bahwa kegiatan Program Bakti TNI KB Kesehatan Terpadu tahun 2015 dapat dilaksanakan oleh Kodim 0620/Kabupaten Cirebon sesuai sasaran, yakni terkendalinya angka kelahiran dan mengurangi laju pertumbuhan penduduk serta meningkatnya peserta KB/Aseptor baru terutama pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Wilayah Kodim 0620/Kab. Cirebon.

Agar kegiatan Bakti TNI KB Kes Terpadu berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan serta target yang diinginkan perlu adanya sinkronisasi kegiatan dengan dinas terkait dalam membantu program Pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Sementara Ketua Tim Penilai Kodam III/Siliwangi Mayor Inf. Teddy Kusnadi mengapresiasi Kodim 0620 yang merupakan Kodim unggulan dari 8 Kodim jajaran Korem 063, sehingga dilaporkan ke tingkat Kodam untuk diadakan penilaian.

Program KB Kes terpadu merupakan program kerja sama antara Mabes TNI dengan BKKBN Pusat yang dilaksanakan selama 5 bulan setiap tahunnya yang dimulai dari bulan Mei sampai bulan Oktober yang ditindaklanjuti dengan melibatkan unsur terkait di daerah yaitu Dinas Kesehatan, BPPPKB dan Pemerintah Daerah pada tahun ini mengandung tema “melalui kemitraan TNI dan BKKBN kita tingkatkan Penguatan dan Percepatan Pencapaian sasaran Program Kependudukan, KB, Kesehatan dan Pembangunan Ketahanan Keluarga Tahun 2015”

Program KB Kes Terpadu merupakan wahana peningkatan partisipasi bagi lapisan masyarakat dan dinas/instansi terkait sehingga mampu mendorong pencapaian upaya KB, ketahanan keluarga, perlindungan terhadap anak, pencegahan KDRT, perdagangan manusia dan kesehatan berkualitas untuk menunjang visi Provinsi Jawa Barat. (Bens/Faiz,Diskominfo)