Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hadiri Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jabar

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon HJ. Wahyu Tjiptaningsih, SE menghadiri Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015, Kamis (10/09).

Penilaian berlangsung di Posyandu Teratai, Desa Pamijahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon yang dihadiri oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Cirebon Drs. H. Memet Surachmat, perwakilan OPD, Camat, kader Posyandu Kuwu Pamijahan dan undangan lainnya.

Bupati Cirebon menyampaikan di Kabupaten Cirebon terdapat 2.566 posyandu yang tersebar di 424 desa/kelurahan dengan kriterianya yakni Posyandu Madya terdapat 1.863 posyandu atau 73%, Posyandu Purnama terdapat 585 posyandu atau 23% dan Posyandu Mandiri terdapat 118 posyandu atau 4%. Dengan demikian di Kabupaten Cirebon sudah tidak ada lagi posyandu yang memiliki kriteria Pratama.

Bupati mengatakan pelayanan masyarakat yang berbasis posyandu terus dikembangkan melalui peran serta masyarakat dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih demi mewujudkan gerakan masyarakat yang mengarah pada sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Peran serta masyarakat dalam wadah kegiatan yang ada di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) semakin membuktikan hasilnya mulai dari pemeriksaan ibu hamil, penimbangan balita, pelayanan KB, penanganan gizi buruk, bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lanjut usia yang merupakan upaya kongkrit sebagai wujud kepedulian masyarakat yang tinggi.

Bupati menekankan bahwa masyarakat memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan aktif mengambil bagian dalam penyelenggaraan peningkatan kesehatan masyarakat. Sedangkan pemerintah terus memberikan fasilitas, membina, mendorong serta menggerakkan swadaya masyarakat di Bidang Kesehatan agar dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna.

Kita semua berharap Posyandu Teratai dapat membawa Kabupaten Cirebon kearah yang lebih baik sebagai peserta Penilaian Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015 dan mendapatkan predikat terbaik juara 1 Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2015. (Bens,Diskominfo)