Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Lantik 3 TP PKK Kecamatan

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE melantik 3 Ketua TP PKK Kecamatan yakni Ketua PKK Kecamatan Tengahtani, Palimanan dan TP PKK Kecamatan Sumber, Jum’at (27/11/2015) berlangsung di Ruang Paseban Setda Sumber.

Pelatikan ini dihadiri oleh jajaran PKK Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten Cirebon. Hadir juga Ibu Wakil Bupati Cirebon Ny. Darini, Kepala BPMPD Drs. H. Memet Surachmat, para Kepala OPD dan Camat.

Dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih membacakan Naskah Pelantikan dihadapan 3 calon Ketua TP PKK Kecamatan dan dilanjutkan penandatangan berita acara antara terlantik dan Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya Hj. Ayu Tjiptaningsih, SE menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan mutasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, sehingga TP PKK dapat menyesuaikan guna diperolehnya efesiensi dan efektifitas operasional organisasi sebagaimana hasil Rapat Kerja Nasional ke 7 PKK Tahun 2010 dan Permendagri Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pmeberdayaan Masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan merupakan kewajiban organisasi dalam rangka memenuhi kebutuhan agar operasional organisasi di tingkat yang paling dasar dapat tetap berjalan sesuai dengan program yang telah dimuat dalam peraturan organisasi.

Kewajiban ibu-ibu Ketua TP PKK Kecamatan sudah digariskan dalam peraturan organisasi yaitu merencanakan, melaksanakan dan membina pelaksanaan organisasi-organisasi kerja PKK sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

Kewajiban itu akan dapat berjalan dengan baik, jika ibu-ibu mampu menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat khususnya keluarga agar program-program kerja tersebut dapat dilaksanakan.

Keberadaan TP PKK Kecamatan harus mampu menjadi ujung tombak dalam melaksanakan garis kebijakan organisasi PKK, baik yang ditentukan oleh TP PKK pusat, Provinsi maupun TP PKK Kabupaten.

Hj. Ayu mengatakan inti dari gerakan PKK dalam kipra membangun masyarakat adalah 10 Pokok Program PKK karena didalamnya termuat seluruh aspek kebutuhan hidup masyarakat guna meningkatkan status dan derajat menjadi keluarga sejahtera.

Kita wajib fokus kepada masyarakat sabagai salah satu unsur terkecil di masyarakat dan dari unsur itu akan menentukan keberhasilan perjuangan untuk mensejahterakan masyarakat. Keluarga sejahtera yang kita cita-citakan adalah terbentuknya keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga layak status dan derajat hidupnya sebagai Sumber Daya Manusia yang bermanfaat.(Bens Diskominfo)