Ketua Umum Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Berikan Penghargaan Kepada Para Kadernya

Ketua Umum Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Ciptaningsih, SE memberikan Penghargaan kepada para Kader PKK yang telah memberikan bhaktinya selama 10 tahun atau lebih , Senin (15/06/2016).

Selain itu, Ketua Umum TP-PKK juga menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada para pemenang lomba Kader PKK, pengelolaan UP2K terbaik, evaluasi TP.PKK Kecamatan dan Evaluasi Desa Binaan di Lapangan Pataraksa Sumber, usai memberikan sambutan dalam acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-XII, Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-43 dan Temu Kangen Kader PKK Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015.

Dalam sambutannya, Ketua Umum TP-PKK Kabupaten Cirebon menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesatuan Gerak tidak sekedar menciptakan kemeriahan sesaat, tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK selama ini dalam usaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Tema HKG ke-43 Tahun 2015 adalah “ Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 Kita satukan Langkah nyata dalam upaya meningkatkan keluarga Indonesia yang lebih sejahtera” tema ini mengandung makna bahwa dengan HKG PKK diharapkan Tim Penggerak PKK sebagai mitra Pemerintah memberi dukungan sepenuhnya pelaksanaan Program Pembangunan Pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga Indonesia.

Hj. Ayu mengatakan dalam setiap peringatan Hari PKK, mari kita mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan oleh PKK selama setahun ini, apa keberhasilan yang telah dicapai, masalah dan hambatannya serta bagaimana solusi yang dibuat untuk selanjutnya kita jadikan tonggak agar melangkah lebih baik lagi di tahun berikutnya.

Penjabaran 10 Program Pokok PKK seharusnya mengacu pada RPJMN di Pusat dan RPJMD di Daerah, mengingat Tim Penggerak PKK adalah mitra Kerja Pemerintah. Terkait hal ini diharapkan Tim Penggerak PKK dapat berperan sebagai narasumber dan memberi masukan mengenai peran TIM PKK dalam forum Musrenbang disetiap jenjang.

Dalam sambutannya Hj. Ayu meminta kepada bapak Gubernur, Bupati/Walikota selaku Ketua Pembina TP-PKK kiranya berkenan memberikan bimbingan, dukungan dan fasilitasi sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil, turut serta ambil dalam bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan para keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri guna mewujudkan hari esok yang lebih baik.

Gerakan PKK sebagai wadah aktifitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga memiliki sejarah perjalanan yang panjang berpedoman pada makna sejarah sebagai kesatuan nilai hari kemarin yang patut dipedomani hari ini.

Ketua Umum TP-PKK Kabupaten Cirebon mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Tim Penggerak dan para kader yang bekerja keras demi meningkatkan kualitas bangsa melalui upaya-upaya dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Dalam kaitannya dengan tugas-tugas atau kegiatan PKK sudah saatnya PKK harus lebih mampu menciptakan bidang kegiatannya sendiri melalui 10 Program Pokok PKK dengan semangat kerja yang optimal.

Sementara Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si sekaligus membuka acara tersebut merasa bangga bahwa Peringatan BBGRM ke-XII, HKG ke-43 dan Temu Kader PKK dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga kegiatan ini merupakan langkah awal untuk ditindaklanjuti di Tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan.

Bupati Cirebon mengatakan kegiatan ini merupakan momentum yang sangat strategis bagi masyarakat untuk dapat melakukan introspeksi moral terhadap sikap dan perilaku masyarakat yang mungkin telah banyak mengalami pergeseran nilai, sehingga bisa membangkitkan kembali semangat gotong royong di masyarakat.

Acara ini memaknai komitmen PKK untuk tetap Eksis memotivasi dan memasyarakatkan Gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat dalam mewujudkan peningkatan para Pelaku Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon mengajak untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui perwujudan kesejahteraan keluarga yang mandiri dan sejahtera, memperkokoh dan memperkuat sinergitas program dan kegiatan, mendorong dan memotivasi seluruh masyarakat agar tetap menjunjung tinggi jati diri Bangsa Indonesia yang hidup dalam kebersamaan dan kegotongroyongan serta menjadikan masyarakat lebih berdaya guna mencapai cita-cita yang kita inginkan bersama yang sesuai dengan tema” Gelorakan Semangat Gotong Royong menuju masyarakat yang Sinergi dan Sejahtera”.

Melaui kegiatan ini kita bangun bersama menyongsong kehidupan masa depan yang lebih baik dengan menumbuh-kembangkan keluarga sejahtera, yang didasari oleh semangat persatuan, kekeluargaan dan kebersamaan, sehingga dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Cirebon yang agamis, maju, adil, sinergi dan sejahtera.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak Kecamatan dan Desa, Para OPD, Camat, Kuwu, Muspida, dan undangan lainnya.

(Bens,Diskominfo)