Pemerintah Kabupaten Peringati Hari Ibu Ke 88 di Pendopo

1Pemerintah Kabupaten Cirebon Melaksanakan Peringatan Hari Ibu Ke 88 di Pendopo Kabupaten Cirebon, Selasa (13/12/2016) di Pendopo (Rumah Dinas Bupati Cirebon) Jalan Kartini Cirebon.
Peringatan Hari Ibu dihadiri oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si, Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cirebon. Hadir juga Unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon, para Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Cirebon, para Pimpinan Organisasi Wanita, Tokoh masyarakat, tokoh Agama serta undangan lainnya.
Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cirebon Hj. Lilis Yayat Ruhyat menyampaikan kegiatan Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk melestarikan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan pada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda untuk mempertebal tekad dan keyakinan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta tekad untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan pancasila.
Selain itu, untuk mengenang kembali dan menyegarkan kembali ingatan kita akan pentingnya pemahanan dan penghayatan serta arti perjuangan dan kebangkitan kaum perempuan sebagai bagian tak terpisah dari kebangkitan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap peran dan wujud kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam upaya peningkatan keutuhan dan kesetaraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kualitas peran sertanya, baik peran pribadi, mandiri maupun organisasinya dalam berbagai aktivitas pembangunan.
Sedangkan tujuan secara umum, untuk meningkatkan kaum perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan. Untuk tujuan khusus, mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, meningkatkan kesetaraan hak kewajiban perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan demokrasi yang maksimal, meningkatkan peran serta pemerintah untuk melibatkan perempuan pada posisi pengambil kebijakan dan responsif gender.
Sementara dalam sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE menyampaikan ini adalah salah satu bukti bahwa kita sebagai generasi penerus masih tetap konsisten melanjutkan tugas sejarah yang sudah dicanagkan oleh pejuang perempuan untuk merintis kemerdekaan kebebasan serta kesetaraan kaum wanita di masa perjuangan. Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada ibu-ibu yang yang secara bersama-sama yang telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan memperingati Hari Ibu yang ke-88. Mudah-mudahan melalui peringatan ini dapat mengangkat makna sebagaimana ajakan yang tersirat dalam tema “ Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki untuk Mewujudkan Indonesia yang Bebas dari Kekerasan, Perdagangan orang, dan Kesenjangan akses ekonomi terhadap Perempuan”.
Hj. Ayu mengatakan, kami sangat menaruh harapan kepada seluruh kaum ibu untuk selalu mengembangkan penguasaan ilmu pengetahuan di berbagai bidang serta meningkatkan etos kerja dan produktivitas perempuan untuk menanggulangi kemiskinan dan ketertinggalan guna mewujudkan rakyat Indonesia yang sehat sejahtera dan bermartabat tanpa meninggalkan kodrat alamiah sebagai ibu rumah tangga, karena di sana terletak tanggung jawab untuk bisa membina anak keturunan kita agar menjadi anak yang soleh dan soleha kita harus bisa agar anak-anak tidak terpengaruh oleh maraknya kasus-kasus negatif dan dampaknya akan ditanggung oleh para oaring tua.
Marilah kita konsolidasikan semangat untuk memperkuat dukungan bagi keberhasilan pembangunan melalui penataan rumah tangga yang rukun, tertib, damai dan santun mari kita tanamkan etika budi pekerti yang luhur agar anak-anak kita tumbuh sebagai insan yang peduli terhadap nasib sesamanya.
Sedangkan dalam sambutan Bupati Cirebon, menyampaikan diantaranya Kabupaten Cirebon dalam upaya perlindungan terhadap masyarakat perempuan dan anak telah menerbitkan instruksi Bupati Tentang Pembentukan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak untuk Tingkat Kecamatan dan Desa. Diharapkan dengan terbentuknya satgas ini dapat dilakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak.
Selain itu Kabupaten Cirebon tengah mengkampanyekan PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) serta 3ENDS yaitu: satu, Mengakhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak; dua, mengakhiri Perdagangan Manusia, dan; tiga, mengakhiri Kesenjangan Akses Ekonomi Terhadap Perempuan.
Dengan terselenggaranya Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 ini, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh panitia dan pihak mitra kerja lainnya yang selalu bersama-sama ikut menyelenggarakan Peringatan Hari Ibu ke-88.
Harapan Bupati Cirebon dalam Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 ini akan memperkokoh semangat persatuan dan solidaritas seluruh kaum perempuan Indonesia mencapai cita-cita Indonesia yang adil, demokratis, aman dan sejahtera (Bens/Edys, Diskominfo).