PENCANANGAN SEKALIGUS RAPAT KOORDINASI KESATUAN GERAK PKK KB KESEHATAN

Dalam rangka mensinergikan kegiatan dan kesamaan misi serta visi kesatuan gerak PKK, pada Kamis, 12 Oktober 2017 bertempat di Ruang Paseban Setda Kabupaten Cirebon, Dinas DPPKB3A (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga berencana, Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kabupaten Cirebon telah menyelenggarakan acara Pencanangan sekaligus rapat koordinasi kesatuan gerak PKK KB kesehatan Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2017, dengan mengangkat tema” Mari Kerja Bersama Melalui Melalui Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Untuk Mewujudkan Keluarga Yang Berketahanan.
Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu mars KB. Acara dihadiri dan dibuka oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon dan dihadiri pula oleh para Kepala Dinas, para pengurus PKK, Para Camat, Ibu Ketua Dharma Wanita, Ketua Forum PPKB, UPT Kepala Dinas Kesehatan Bapak Sono Suprapto dalam laporannya mengatakan gerakan program 10 PKK bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga antara lain kesehatan, pelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. Acara ini diselenggarakan sesuai dengan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, UU Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan kesejahteraan keluarga, Permendagri nomor 19 tahun 2011 tentang pedoman pengintegrasian layanan sosial dan peraturan daerah no 2 tahun 2011 tentang memfokuskan dalam program Bupati . Visi Misi Presiden yang tertuang dalam rencana jangka menengah tahun 2015 sampai 2017 diantaranya bahwa salah satu program unggulan nasional adalah mewujudkan kualitas hidup Bangsa Indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera. Kegiatan PKK yang telah dimulai sejak tahun 1994 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Gerak PKK dengan didukung keterpaduan lintas sektoral.
Sedangkan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Cirebon Ibu Yayat Ruhyat dalam sambutannya mengatakan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga melalui 10 program PKK bertujuan untuk mencapai kesejahteraan keluarga yang ber ketahanan. Program PKK erat kaitannya dengan program kelestarian lingkungan hidup dan kesehatan telah mendapatkan pengakuan yang cukup luas melalui RT dan RW masing-masing desa dan kelurahan. Kegiatan kesatuan gerak PKK kesehatan ini sudah secara rutin dilakukan setiap tahunnya oleh karena sudah banyak pengalaman baik dalam pengumpulan data maupun aktifitas kader maka diharapkan pada seluruh OPD, dinas instansi terkait , para kader, tokoh masyarakat, terutama kepada para penyuluh dan penggerak PKK desa untuk segra melaksanakan kegiatan sesuia dengan juklak dan juknis kesatuan gerak PKK. Kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan merupakan rangkaian kegiatan , keterpaduan dan dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional, Hari Kesehatan Nasional dan Hari Kesatuan gerak PKK disamping itu merupakan kegiatan TNI Kes terpadu yang berakhir pada Bulan Oktober umumnya dan khususnya dengan dimulainya kegiatan kesatuan gerak PKK KB kes tingkat Kabupaten Cirebon yang berlokasi di Desa Pekantingan Kecamatan Klangena Kabupaten Cirebon. Tujuan diadakannya kegiatan kesatuan gerak PKK KB kes adalah untuk meningkatkan cakupan, pelayanan berkualitas dan program pemberdayaan kesejahteraan keluarga dan untuk mewujudkan keluarga yang berkekuatan.
Sedangkan Sekertaris Daerah Kabupaten Cirebon Bapa H. Yayat Ruhyat dalam sambutannya mengatakan bahwa seorang istri pejabatpun harus berperan aktif baik sebagai istri pegawai maupun sebagai masyarakat yang bertanggungjawab, karena hal itu bukan hanya memajukan keluarganya tapi juga dapat membantu perkembangan dan kemajuan khususnya di Kabupaten Cirebon.
Acara ditutup dengan pemaparan materi dan mengemukakan berbagai permasalahan serta sesi tanya jawab. (iNtAn-Diskominfo)