Penguatan Program Kesehatan Ibu Dan Anak Bagi Kader

Dalam rangka menekan angka kematian ibu dan anak, pada 28 September 2016 bertempat di Desa Tegal Wangi Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menyelenggarakan acara  penguatan program kesehatan ibu dan anak bagi kader melalui pengenalan tanda bahaya kehamilan, persalinan dan nifas serta bayi baru lahir.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon, Camat Weru, Kuwu Tegal Wangi, Ketua TP PKK desa dan kecamatan, para kader PKK pokja IV, para Kepala UPT, 70 peserta dari 35 puskesmas se Kabupaten Cirebon, 30 kader dari Kecamatan Weru dan undangan.

Acara diawali dengan sambutan dari Camat Weru Drs. R. Udin Kaenudin, M.Si yang mengatakan bahwa saat ini tugas untuk menekan angka kematian ibu dan anak adalah tanggung jawab semua lapisan masyarakat dan peran para ibu melalui PKK, kader dan lain-lain yang merupakan sumber kekuatan utama untuk ikut berpartisipasi dalam menerapkan dan membantu menekan angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi para ibu agar dapat berkiprah dalam berbagai segi di masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dr. Ahmad Koyim, MARS dalam sambutannya mengatakan bahwa kita semua harus kompak mengawal jika ada kelahiran agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga pada saat ada hal luar biasa yang membutuhkan tindakan yang lebih spesifik dapat dengan segera tertanggulangi.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon Ibu Hj. Wahyu Tjiptaningsih mengatakan bahwa sebagai wanita kita sebaiknya tidak hanya melaksanakan tugas rumah tangga saja tapi ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam berbagai kegiatan kewanitaan yang sifatnya memberikan kemaslahatan untuk keluarga, lingkungan sekitar dan masyarakat sehingga para ibu pun dapat berperan dalam rangka memajukan perekonomian keluarga, memperluas pengetahuan dan membangun Kabupaten Cirebon.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang kemudian diberikan hadiah hiburan bagi para peserta acara yang dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan Ibu Ketua TP PKK dan panitia penyelenggara serta acara ditutup dengan pemberian materi oleh para nara sumber dari Dinas Kesehatan. (InTaN-Diskominfo)