Peringati Hari Ibu Ke-87 : GOW Berikan Penghargaan Kepada Ibu Berprestasi

Peringatan Hari Ibu ke-87 Tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2015, Ibu Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE sebagai Pelindung Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Cirebon memberikan penghargaan kepada sejumlah Ibu yang berprestasi sebagai Perempuan Inspiratif dalam Bidang Pemberdayaan Perempuan, Bidang Pemerintahan, Ekonomi, Sosial, Kesehatan, Pendidikan dan Tatanan Hidup, serta Bidang Seni dan Budaya, Kamis (17/12) berlangsung di Ruang Nyimas Gandasari Setda Sumber.

Peringatan ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Ferkominda), Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Cirebon, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan kaum ibu-ibu yang memadati tempat kegiatan.

Sebagai Pelindung GOW Hj. Ayu menyampaikan puncak Peringatan Hari Ibu ke-87 Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Cirebon ini mengusung tema “Penguatan Ketahanan Keluarga untuk Pelindung Perempuan dan Anak”, diambilnya tema ini karena melihat keadaan di sekitar kita, dimana salah satu cara penyelesaian sosial yang terjadi pada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan perempuan dan anak yaitu dengan menciptakan ketahanan keluarga dengan tujuan menjadikan keluarga yang sejahtera.

Hj. Ayu mengatakan maksud peringatan Hari Ibu adalah untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi muda untuk mempertebal tekad dan meyakinkan dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta tekad untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan serta baik peran pribadi, mandiri, maupun organisasinya dalam berbagai aktivitas pembangunan.

Sedangkan tujuannya yakni : meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkarya; Mendorong terwujudnya kesejahteraan perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; Meningkatkan kesetaraan hak dan kewajiban perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan demokrasi partisipatif; meningkatkan peran serta instansi pemerintah dan non pemerintah untuk mendapatkan perempuan pada posisi pengambil kebijakan yang responsif gender.

Hj. Ayu juga menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan Hari Ibu yang sudah dilaksanakan yakni siaran di RRI dengan Topik “pencegahan kekerasan terhadap anak” pada tanggal 04 Desember 2015, kegiatan bakti sosial antara lain, kunjungan ke pasien tidak mampu yang dirawan di RSUD Waled pada tanggal 10 Desember 2015, kunjungan ke LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) As Syidiq, LKSA Al-Ma’rifa, LKSA Al-Islami pada tanggal 10 Desember 2015, seminar pembinaan Organisasi Perempuan pada tanggal 13 Desember 2015, beuty class pada kecantikan Mirabella pada tanggal 15 Desember 2015, penghargaan kepada Wanita Inspiratif Tingkat Kabupten Cirebon pada tanggal 17 Desember 2015.

Sementara dalam sambutan Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si mengatakan Peringatan Hari Ibu Tahun ini difokuskan pada “ Penguatan Ketahanan keluarga untuk Perlindungan Perempuan dan Anak” tema ini kami bangun dengan melihat pentingnya peran partisipatif perempuan dalam melaksanakan 8 fungsi keluarga (yaitu fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta pembinaan lingkungan) secara serasi, selaras dan seimbang dengan tujuan menciptakan ketahanan keluarga yang tinggi, karena keluarga merupakan bagian yang sangat penting dalam membentengi seluruh anggotanya dari segala macam pengaruh negatif yang ada.

Bupati berharap Peringatan Hari Ibu Ke-87 Tahun 2015 ini akan memperkokoh semangat Persatuan dan solidaritas seluruh kaum perempuan Indonesia mencapai cita-cita bangsa yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil, demokratis, aman dan sejahtera. (Bens, Diskominfo).