SENAM MASAL

Masih dalam rangkain Hari Jadi Kabupaten Cirebon ke 535, pada Rabu, 17 Mei 2017 Kecamatan Astanajapura berinisiatif mengadakan senam masal dan lomba senam bersama Bapak Sunjaya Purwadisastra dan Ibu Wahyu Tjiptaningsih Sunjaya yang mengangkat tema senam bersama Sunjaya 17517.
Acara dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih, SE., Msi, Camat Astanajapura H. Mahmud Iing Tajudin, A.Pi., MM, para kuwu se wilayah Kecamatan Astanajapura, para Muspika, para LSM, kader-kader PKK, para tokoh masyarakat dan pemuda, dewan juri lomba senam yang terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu Bang Iwan, Mba Lala dan Mba Ulfa, para peserta senam masal, para peserta lomba senam, anak-anak yatim piatu di lingkungan Kecamatan Astanajapura, dan undangan.
Acara diawali dengan pemberian santunan yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon kepada anak yatim piatu dan orang jompo di wilayah Kecamatan Astanajapura, berupa tas, perlengkapan sekolah dan uang.
Dalam sambutannya Ibu Hj Wahyu Tjiptaningsih, SE., Msi mengatakan bahwa dengan diadakannya senam ini diharapkan dapat menjadikan masyarakat khususnya para ibu dapat hidup lebih sehat, bugar dan mampu menjadikan keluarga dan anak-anak menjadi lebih baik dan bersemangat. Lomba senam ini juga diharapkan mampu merangsang kecintaan masyarakat kepada olah raga khususnya senam sehingga dapat melahirkan pesenam-pesenam yang bukan hanya untuk kepentingan keluarga dan lingkup kecil tetapi juga dapat berprestasi di event-event tingkat provinsi maupun nasional. Sedangkan santunan yang diberikan kepada anak-anak yatim diharapkan mampu membantu dalam pemenuhan ekonomi serta merangsang semangat anak-anak untuk tetap memiliki cita-cita dan kemauan yang keras untuk optimis menatap masa depan yang lebih baik walaupun dalam keterbatasan sehingga mampu menjadi generasi penerus bangsa yang maju dan mumpuni.
Sedangkan Camat Astanajapura dalam sambutannya mengatakan acara ini sengaja diadakan dikarenakan adanya rasa kepedulian pemerintah daerah dalam rangka mensehatkan masyarakat serta keinginan untuk lebih mensejahterakan ekonomi masyarakat dan diharapkan akan terus berkelanjutan sehingga dapat juga dijadikan ajang silaturahmi dan bertukar pengalaman.
Sedangkan Ketua Penyelenggara acara lomba senam ini mengatakan acara ini diselenggarakan masih berkaitan dengan ulang tahun Kabupaten Cirebon ke 535 dan persiapan menyambut pemilu kepala daerah secara serentak. Acara ini bekerja sama dengan Tim Senam Kabupaten Cirebon, sedangkan kriteria pemenang adalah gerakan, kelenturan, kostum, penampilan, fariasi gerakan senam dan kekompakan untuk yang beregu. Lomba ini juga dibagi menjadi dua kategori senam yaitu senam Remire dan senam Sunjaya. Harapannya Cirebon sehat, Cirebon bersih, Cirebon damai dan yang paling penting agar masyarakat dapat turut serta secara aktif dalam pemilihan kepala daerah serentak dan tetap jaga keamanan, kebersamaan dan kondusifitas.
Acara dilanjutkan dengan senam bersama Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon yang dipimpin oleh para instrukstur senam danĀ  kemudian diakhiri dengan lomba senam baik individu maupun beregu dalam kategori senam Sunjaya ataupun senam Remire yang memperebutkan juara 1, 2 dan 3 untuk mendapatkan trophy dan hadiah. (iNtAn-Diskominfo)