Tim Provinsi Rechecking Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kes Desa Kamarang

Tim Provinsi Jawa Barat melakukan Rechecking Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015 di Desa Kamarang Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, Jum’at (11/12).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si, Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, Kepala BPPKB Kabupaten Cirebon, Camat Greged dan perwakilan OPD/Kecamatan se-kabupaten Cirebon dan undangan lainnya serta jajaran yang terlibat dalam lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan.

Dalam penilaian tersebut, Tim Provinsi Jawa Barat melakukan wawancara terbuka kepada Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, TP PKK Kecamatan Greged dan TP PKK Desa Kamarang serta dinas atau badan yang terlibat dalam kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan.

Dalam ucapan sambutan selamat datang, Bupati Cirebon menyampaikan Tim Penggerak PKK memiliki peran yang strategis dalam pembangunan termasuk mendukung program KB, membina keluarga dan memberdayakan keluarga.

Seluruh upaya yang dilakukan oleh TP PKK harus diarahkan untuk mewujudkan kehidupan keluarga yang lebih maju, mandiri, bahagia, sehat dan sejahtera. Pembangunan berbasis ini sangat tepat karena keluarga sejahtera menjadi titik awal terciptanya masyarakat yang sejahtera.

Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan akan menjadi agenda tahunan yang merupakan rangkaian Hari Keluarga, Hari Kesehatan Nasional, Hari Ibu dan Hari Kesatuan Gerak PKK yang bertujuan untuk meningkatkan pencakupan dan kualitas pelayanan KB Kesehatan. Melaui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dari perjalanan sejarah, momentum ini telah banyak memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian program KB Nasional dan pembangunan kesehatan.

Momentum Gerak PKK KB Kesehatan merupakan salah satu wadah terbentuknya sinergitas program dan kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga antara TP PKK dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Keterpaduan lintas sektoral sebagai basis peranan Gerak Kesatuan PKK KB Kesehatan ini diharapkan dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya Tim Penggerak PKK bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat, TP PKK, KB Kesehatan di Desa/kelurahan dengan kader-kadernya sebagai ujung tombak dan keluarga sebagai sasaran utamanya.

Peran TP PKK diharapkan dapat membuka masyarakat agar termotivasi, selalu dinamis dan mau merubah keadaan menuju kondisi yang lebih baik, sehingga dapat mencapai MDGs 2015.

Bupati Cirebon memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Tim Rechecking untuk menilai dan mengevaluasi pelaksanaan Kesatuan gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2015 dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa sekaligus arahan dan bimbingan untuk kita semua, mudah-mudahan kegiatan ini dapat mendukung Desa Kamarang menjadi juara pertama dalam Kesatuan gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2015.

Sementara dalam sambutan Tim Rechecking Provinsi Jawa Barat menyampaikan bahwa rechecking saat ini merupakan tindak lanjut dari monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan Bulan November 2015 dan hasil Monev tersebut telah diperoleh nominasi kabupaten/kota terbaik salah satunya Kabupaten Cirebon untuk Kesatuan gerak PKK KB Kesehatan.

Mudah-mudahan untuk Tahun 2015 ini kabupaten/kota terbaik yang saat ini yang kami recheck akan mewakili Provinsi Jawa Barat di Tingkat Nasional. (Bens/Edys,Diskominfo)